Jumat, 20 Januari 2012

Afgan Soljum di Komplek

Judul blog diatas itu mungkin ditunggu2 sama sebagian followers (sok artis gini) gue, karna dengan hashtag #afgansoljumdikomplek ,dalam tweet, menceritakan kisah penyanyi idola kaum muda tersebut, Afgan, Solat Jumat di kompleknya, yaitu Bumi Harapan Permai (gila ye, artis kalo Solat Jumat aja sampe ada mata2nya). Semua dikupas habis, setajam silet (kayak inpotemen gini).. Kapan ya ada orang, suatu saat punya hash tag #bagolsoljumdikomplek ??? Haaahh.. Sudahlah, mari cerita dikit..

Gue 27 tahun tinggal di Bumi Harapan Permai, komplek penghasil artis2 tanah air, seperti Novia Kolopaking (penyanyi jadul), Sita dan Abangnya (personel Base Jam) sampe pemain bola macam Doni Ratupelissa (mantan kiper timnas sepakbola Indonesia). Dari semua artis yg tinggal di komplek ini, gak ada yg bisa ngelebihin ketenaran seorang Afgansyah Reza (Afgan). Awalnya, diceritain sama Kakak gue yg seorang penulis dimajalah, dia abis dateng launching album seorang penyanyi baru: "Eh Gol, gue tadi liputan, peluncuran album penyanyi baru gitu. Eh, ketemu sama Tante xxxx, pas gue tanya dia ngapain disini, dia bilang anaknya yg ngeluarin album. Gue tanya, siapa Tante?? Deri?? Eh, dia jawab, si Afgan, adeknya". Gue cuma bilang: "Ah serius lu?? Afgan yg kalo beli permen masih dianterin sama Mbaknya??" (buka aib gini). Terus Kakak gue bilang: "Iya, tapi paling ini cuma modal ortu aja, nanti juga gak akan laku, kayak penyanyi2 lainlah". Dan waktu itu gue santai aja, gak anggap itu sebuah kejadian yg seru. Lagian Afgan tetangga gue, paling cuma beda 4 rumah, bokapnya adalah dokter, dimana dulu waktu gue kecil, sebelum ke Rumah Sakit, pasti ke rumah dia dulu untuk diperiksa, karna gratis (ketauan kan darah Padang gue berasal darimana). Setiap gue diperiksa, pasti ada Afgan kecil ngeliatin, sembari pegang kaki Ibu atau Mbak(ART)nya. Padahal gue berharap, Deri (kakaknya Afgan, cewek) juga keluar buat ngeliatin, apadaya, fisik lagi sehat aja gak menarik, gimana lagi sakit. Jadi, kalo Afgan sukses jadi penyanyi, gue juga seneng. Dia gagal, ya masuk ke kelompok temen2 komplek yg mau tenar tapi gak sukses (termasuk sayah!! Damn)..

Seiring berjalannya waktu, ternyata anak ini semakin terkenal, masuk tivi, nyanyi dimana2, penjualan album laris-manis, duit melimpah, bahkan beli rumah diujung jalan, dibongkar, dan dia bikin rumah sendiri (banyak bener dah duitnya, palak aja apa ya, bareng2 sama anak Bojong?? Sorry yg gak tau, Bojong ini anak2nya suka malak gue dkk waktu kecil). Ya jelas, dia ganteng, dan suaranya bagus bgt!! Dan Afgan berhasil mempunyai fans yang sangat banyak, dikenal dengan Afganisme.. (Kapan gue punya Bagolissmmeeeee???!!!) Doi berhasil merubah penampakan di komplek, dimana biasanya sepi, jadi rame sama cewek2 ABG, mereka nongkrong di depan rumahnya dengan pakaian SMP-SMA maupun pakaian bebas, tapi rok SMP-SMA (ketauan kalo kelompok yg ini, cabut dari sekolah). Kalo misalnya yg nongkrong ditambah cewek2 baju kantoran, dengan kemeja ketat dan rok span, gue bakal bakar itu rumahnya (stres tingkat tinggi).

Meski gue udah pindah ke Kelapa Dua, tapi kantor gue masih di BHP, setiap Solat Jumat pasti di komplek. Pertama kalinya #afgansoljumdikomplek itu gue tweet, adalah pada saat gue Soljum kayak biasa, pas udah beres, koq ada orang yg duluan selesai daripada gue, padahal gue kalo Solat, doanya sendiri, gak ikutan doa berjamaah, jadi cepet. Cuma kalah cepet sama bocah2 masih kecil yg kalo pas ngomong "Amien", teriaknya sekuat tenaga, "AMIIIIIIEEEENNNNNNN", sembari cekikikan. Atau bocah2 yg pas ngomong "Amien", suka berulang2, yg laen udah selesai "aammmmmiiiieennn", eh ada yg nyeletuk "amin" (dgn nada cepat). Temennya bales "amin", dgn nada gak kalah cepat, gitu mulu sampe ada yg kalah, berenti duluan. Nah, orang ini kepalanya ditutupin pake handuk, eh, koq handuk, maksud gue sajadah. Biasa aja, tapi yg luar biasa, diujung jalan, ada 5-6 cewek ABG nyamperin dia!! Dia cuma ngasih isyarat nunjuk, itu cewek2 nurut, terus pada berlarian menuju ke satu arah. Itu cowok masuk mobil, pas gue liat, ternyata si Afgan!! Gue liat ke jalan, ternyata 5-6 orang ini adalah pejuang garis depan dari pasukan yg ternyata ada sekitar 15-20 cewek ABG!! Yes, seperti yg bisa ditebak, satu kompi itu langsung berlari secepat pelari SEA GAMES menuju garis finish, dalam hal ini, garis finishnya pagar rumah Afgan. Edaaann.. Seorang cowok bisa membuat segerombolan cewek melakukan hal seperti itu (gue pikir cewek2 gerombolan pada lari serempak gini kalo waktu dikejar orang gila yg telanjang doang).

Dari kejadian menarik itu, gue ngetweet tentang #afgansoljumdikomplek .Ternyata, responnya luar biasa, banyak yg baca tweet gue dan saling me-RT. Ya, mereka adalah afganisme, yg haus akan berita tentang sosok yg mereka idolakan. Sejak saat itu, tiap Jumat pagi, pasti ada yg mentions gue:
-"Bang, nanti update lagi ya #afgansoljumdikomplek", emang kumis pengaruh ya, muka jadi tua??
-"Mas, ditunggu #afgansoljumdikomplek -nya ya", muka gue kurang Padang apa ya, harusnya Uda!!
-"Bro, nanti #afgansoljumdikomplek lagi ya", gue jawab sok asik "Okay Sist, Papa-Mama Apa kabar??".

Tiap Jumat pagi, pasti ada aja begituan, tapi kan Afgan gak selalu Solat Jumat dikomplek, kadang suka gak ada tuh, terus pada kecewa:
-"Om, gak ada #afgansoljumdikomplek ya?? --Emoticon nangis-- 'padahal gak kebaca di Tweetdeck'). Ini lagi pake kata "Om", et daaahh.. Kayaknya PP gue di twitter gak tua2 amat dah.
-"Huuuuaaaaaa... gak ada #afgansoljumdikomplek .Aku bunuh diri aja kalo gitu". Gak ada yg tweet begini deng, cuma gue tambah2in doang biar seru.

Tapi, #afgansoljumdikomplek bukan seru buat mereka doang, tapi buat gue juga, karna mentions yg dateng itu dari beraneka ragam, dan komennya beda2:
-"Bang, Afgan pake sendal apa sepatu". Yg jelas sih pake salah satunya ya, saya gak begitu merhatiin. Kalo dia nyeker, udah pasti cacingan dan gak bisa nyanyi dari panggung ke panggung, karna pantatnya pasti gatal.
-"Bang, tadi Afgan pake peci gak??". Ya oolooohh.. Yg beginian ditanyaaaaa... Detail abies.. Super detail, bahkan mungkin mengalahkan seorang auditor profesional.
-"Om, Afgan pake baju warna apa tadi??". Gue buta warna parsial, jadi kadang suka salah2 ngasih tau warna apa, kasian amat yak gue. Ada gue bilang coklat, tapi ternyata ada yg ikut nongkrong dirumah, eh dia jawab: "Bukan coklat, tapi krem!!". Iye, iye, maap.
-"Mas, Afgan pake sarung apa celana panjang??". Apaaaa ini pertanyaan, bisa sih gue jawab, yg susah kalo ditanya: "Mas, Afgan kancutnya warna apa??". Udah gue buta warna, terus mane keliatan dia pake kancut apa kagak!!

Dan masih banyak pertanyaan2 lain yg bikin gue sendiri ngakak, dan sangat menunggu hari Jumat. Buat gue, ini cuma hiburan aja di tengah pekerjaan, mudah2an Afgan-nya sendiri gak tersinggung sama cerita2 yg ada di tweet @andhikaakbar mengenai #afgansoljumdikomplek .Karna basicnya gue cuma mau menghibur koq, lucu2an, no offence.

Sampe ketemu setiap Jumat dalam tweet #afgansoljumdikomplek .Mudah2an ceritanya lebih seru dan lebih dramatis.. Salam buat Afganisme di seluruh dunia!!

16 komentar:

  1. hahahaha... gw sih bukan afganisme, tapi gw suka cerita ente ini, bahasanya lucu & lugas banget... top!

    BalasHapus
  2. keren ceritanya mas bro.... menghibur bgt,,, ane share ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Share kemane cerita gak ada nilai hidup kayak gini?? Hehe.. Monggo aja..

      Hapus
  3. masbro.. btw itu bumi harapan permai mana daerah ya :D

    BalasHapus
  4. Sekarang #afgansoljumdikomplek gak bang?

    BalasHapus
  5. gol, waktu kk nya afgan siy deri kawin, nyokap lo diundang ga? hehehe...

    BalasHapus
  6. Diundang. Dateng dia sama Ayah. Waktu itu ada pertandingan Liverpool, jadi gue gak ikutan. Tapi lumayan dapet souvenir yang gue bikin kuis bakal follower. Cuma CD lagu pilihan Deri sama suaminya doang sih :))

    BalasHapus
  7. kawinannya dmn gol? *kepo bgt da ahh.. terus skg uda ga ada lg tuh souvenir? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Hotel Grand Mahakam. Yoi, jadi kagak ada lagi dah gue kasihin.

      Hapus
  8. ini lucu tapi gue afganisme ga modal. liat afgan life aja gapernah. biasa terlalu sosialita

    BalasHapus
  9. Gokil bang cerita nya,,, aq juga suka sholat di masjid situ klo lewat,, berharap liat afgan, eh ada nya pak marbot:)

    BalasHapus
  10. trimaksih buat infonya gan,,
    sangat bermanfaat,,
    sya suka dengan artikelnya,,

    BalasHapus
  11. Nder, rumahku dulu sebrang novia kolopaking. Tp ga ngeh afgan di bhp juga. Apa dulu pernah main bareng Kali yaaa

    BalasHapus