Minggu, 06 Mei 2012

Bawa Infant Di Pesawat

Kemaren sempet pergi ke negara tetangga bareng Dewa dan Adia ngunjungin ponakan (anaknya Mbak Vira), ngenalin Dewa ke keluarga besar Mama, dan liat bisnis Indo Koala Remittance cabang sono. Untuk pertamakalinya Adia naik pesawat untuk perjalanan lebih dari 2 jam (tepatnya kurang lebih 8 jam). Buat gue sama Dewa, kalo perjalanan cuma 2 jam, entenglah, soalnya dulu juga pernah, dan gak ada masalah. Cukup di kasih maenan dan diajak maen. Atau malah Adia cuma bobo selama perjalanan. Enteng. Gampang. Gancil. Gampil.

Tapi perjalanan kemaren membuat gue dan Dewa melakukan segala persiapan buat Adia, dari mulai beli maenan baru (yg kecil tentunya-->>Dan gak mahal-->>Padang, jadi bisa masuk ke tas), buku stiker, dll. Dewa beli tiket berangkat untuk perjalanan malam, sekitar jam 22.30an, dengan asumsi, Adia bakal tidur diperjalanan, karna emang pas waktu tidurnya. Ternyata salah. Itu adalah 8 jam tersulit dalam mengurus Adia. Bukan nakut2in, tapi emang sulit, karna mungkin Adia kebiasaan tidur di kasur, ini tiba2 harus tidur di gendong dalam posisi Ayah-Ibunya duduk. Adia tidur dikasurpun lasak, kesana-kemari, jadi kebayang kan gimana cranky-nya dia?? Ditambah ini perjalanan malam, dimana gue sama Dewa-pun harusnya waktu untuk tidur, jadi udah capek bgt. Yes, dan waktu buat penumpang lain tidur pula. Jadi ada yg nyeletuk "Cckk" atau cuma menghela nafas panjang (tanda nahan emosi-->>Apa nahan berak-->>Susah bedainnya) nambah tingkat kestresan (sebenernya nyebelin sih liat tingkah laku mereka). Pulangnya ambil pesawat pagi sekitar jam 09.30an, ternyata lebih enak. Karna gue-Dewa tenaganya masih full, dan waktunya Adia buat main. Buat penumpang lain juga enak. Meski Adia cranky, mereka maklumin, karna bukan waktu tidur juga. Dan karna punya pengalaman waktu berangkat, jadi kami lebih prepare, nambah "amunisi" kayak bantal leher, buat Adia bobo, meski di gendongan, tapi nyaman ada bantal, gak ketemu tulang langsung (Iye, iye, pasti pada mikir kan, buat apa ada bantal kalo gue punya "bantal" sendiri?? Baca: "Bantal"=Perut Gentong).

Buat yg mau ajak infant naik pesawat dengan perjalanan lebih dari 2 jam, gue coba sharing nih ya, hal2 yg mungkin akan lebih meringankan diperjalanan nantinya:

1. Pilih Tempat Duduk Dan Penerbangan Pagi.
Pernah denger istilah waktu jaman sekolah dulu "Posisi Menentukan Prestasi"?? Gue sih dulu gak begitu peduli sama yg namanya "posisi" (maklum, gak pernah nyontek, gak pernah gantungin hidup sama orang lain-->>Pencitraan), tapi kalo mau ajak anak terbang lama, "posisi" ini penting (Banget!!). Kami pernah punya pengalaman bawa Adia ke negara tetangga, perjalanan cuma 2 jam. Lama perjalanan gak jadi masalah. Tapi jadi bermasalah karna ternyata kami gak pesen tempat duduk waktu booking tiket, dan duduknya kepisah!! Waktu berangkat sih pesawat kosong, jadi bisa pindah ke kursi belakang. Tapi pas pulang, karna penuh, gak bisa pindah2. Gue duduk dimana, Dewa-Adia duduk dimana, jadinya ribet, untungnya itu malem, jadi Adia tidur sepanjang perjalanan. Karna pengalaman itu, akhirnya dalam perjalanan kali ini, Dewa langsung beli tiket Hot Seat (HS), bayar lebih dikit gak papa, demi kenyamanan. Bedanya HS ini sama kursi lainnya adalah, depannya lebih lega. Jadi bisa selonjoran atau bisa jadi tempat maennya Adia. Di HS ini pula ada tempat buat ngegantung Baby Bassinet (semacam keranjang bayi gitu, Bassinet bahasa planet mane nih). Meski udah gak muat untuk dipake bobo, tapi lumayan juga bakal tempat maen dan kerajaannya Adia. Waktu penerbangan juga sangat berpengaruh. Kayak yg gue sebut diatas, sangat gak menyarankan untuk penerbangan malam. Karna kitanya udah capek (waktunya tidur) dan reaksi penumpang lain itu membuat tingkat stres makin tinggi. Penerbangan pagi sangat gue sarankan, selain badan kita masih seger, penumpang yg lain juga lebih bersahabat terhadap suara nangisnya anak kecil (buat elo yg belom punya anak, pasti nyebelin denger anak nangis di kendaraan umum, sama kayak gue dulu, yg sebel bgt kalo naek bis tapi ada anak kecil yg kerjaannya nangis mulu. Tapi setelah punya anak, gue tau gimana rasanya diposisi mereka. Coba sedikit respek sama keadaan orang lain).

2. Bawa "Amunisi".
Amunisi yg gue maksud ini adalah "Semua Barang Yg Bisa Mengalihkan Kebosanan Anak". Paling manjur adalah maenan baru. Jadi sebelum berangkat, gue sama Dewa sengaja beli maenan ke Sportwarehouse (murah2 loh, range maenan harganya 15rebu-50rebu, dan lucu2) dan beli maenan. So, amunisi yg kami bawa waktu itu:
-Laptop2an (yg ada beberapa pencetan ngeluarin suara, annoying sih, cuma mujarab),
-Pesawat2an (yg baling2nya bisa gerak kalo ditarik talinya, maenan anak kampung),
-Maenan Pukul2an (apaan dah namanya, pokoknya yg pake palu, mukul2 balok biar mendem),
-Buku Stiker (nempelin stiker ke gambar yg sama, murah nih cuma gocengan di jembatan penyebrangan),
-HP gue dan Dewa, dengan kumpulan video2 atau foto2nya Adia (lumayanlah meski kualitas HP gue kacangan).
Dan biar dia gak bosen maenannya itu2 aja pas pulang, di negara tersebut kami juga jadi beli:
-Anjing2an (yg bisa bergerak dan menyalak. Kalo bisa menggigit, ini pasti maenan keren),
-Buku mewarnai ikan plus spidolnya (buat nyoret2.. Warning!! Perhatikan anak waktu lagi nyoret2. Kemaren sempet meleng, dan Adia nyoret2 di dinding pesawat!! Untung gak keliatan sama tukang Pramugarinya)
Gak selamanya loh ya anak bisa kuat maen selama perjalanan, jadi pasti ada waktunya buat tidur juga. Maka jangan lupa perlengkapan buat dia tidur, seperti:
-Tetek Ibu (ini jangan kelupaan dibawa kalo anak masih netek, yaeyalah, emang bisa dicopot??)
-Dot plus susu (buat yg gak menyusui atau sudah beres nyusuin)
-Selimut kesayangan atau jaket (kali aja pesawatnya dingin, kan kalo Ayah-Ibunya bisa pelukan.. "Dingin-dingin.. Empuuukk..-->>Iklan jadul)
-Bantal leher kecil (buat sandaran kepala. Kasian kan empuk2nya kalo lagi bobo di dada Ibunya doang)
Banyak yg bilang bawa kapas untuk mengatasi telinga pengeng (apaan sih bahasa Indonesianya) pas ada perbedaan tekanan udara. Tapi sepengalaman kami, gak perlu2 amat kayaknya.

3. Keberuntungan.
Ini adalah bawaan Dewa sejak lahir, jadi gue juga ketempuan kalo lagi jalan bareng doi. Maksudnya disini adalah, keberuntungan terhadap penumpang lain di pesawat. Di pesawat kami kemaren, itu satu baris ada 9 tempat duduk yg kebagi 3. Jadi deket jendela kiri 3 kursi, kepotong jalan, di tengah 3 kursi, kepotong jalan, dan jendela kanan 3 kursi. Pas berangkat, kami ambil 2 kursi yg ditengah. BERUNTUNGnya, Hot Seatnya ada 2 kursi kosong di jendela kanan. Jadi orang yg disebelah kami pindah kekursi kosong (entah dia punya feeling Adia bakal cranky semaleman, emang niat ngasih space buat pasangan muda kampungan kayak kami atau mungkin gak betah nyium bau keteknya Dewa). Begitupula pas pulang ke Indonesia. Kami ambil 2 kursi di jendela sebelah kiri. Pas loading penumpang, 6 korsi Hot Seat disamping kanan kami udah terisi semua, jadi gak ada chance buat orang pindah. Selama loading, deg2an (sembari jampe-jampe) ngeliat setiap orang lewat sembari liat tiket dan nyocokin tempat duduk. BERUNTUNGnya, pas pintu pesawat ditutup, kursi samping kami kosong!! Jadi, selama perjalanan berangkat dan pulang, 3 kursi Hot Seat bisa dikuasain Gue-Dewa-Adia, dan membuat space yg cukup luas (tapi gak cukup luas buat gue ama Dewa gituan loh ya--->>Ya gila aje gituan ditempat umum). Sebenernya "keberuntungan" itu adalah hal yg klenik. Bahasa logisnya mungkin "pesen tiket saat penerbangannya sepi". Tapi karna kami jarang naek pesawat, jadi gak tau jam berapa pesawat itu biasanya sepi, maklum anak Jakarta coret, dari kecil ngangkot mulu boro2 pesawat.

4. Kerjasama.
Dari semua hal yg diperluin buat ngajak anak terbang lebih dari 2 jam, ini yg terpenting. Mau pesen tiket yg paling mahal biar nyaman, mau bawa "amunisi" segambreng, mau se-sepi apapun pesawatnya, kalo elo sebagai pasangan suami istri gak kerjasama, akan sangat sulit buat mengatasi masalah di udara. Kerjasamanya dalam bentuk apa?? Simpel, cukup ganti2an dalam ngejaga anak. Kasus gue kemaren, selama Adia maen, gue yg bertanggungjawab bikin dia mengatasi kebosanan, dan Dewa tidur atau istirahat. Nanti giliran Adia mau netek atau bobo, Dewa yg ngurusin dan gue tidur. Itu gampang bgt, karna itu adalah situasi saat pulang. Pas berangkat, gue ama Dewa baru bisa istirahat kalo Adia udah kecapean nangis. Dan saat itu, kerjasama yg kami lakukan adalah ganti2an jadi "kasur"nya Adia. Karna emang belom ketemu posisi yg enak untuk bobo lama di pesawat, bukan cuma Adia aja yg bingung, tapi gue ama Dewa pun bingung harus gimana (karna kalo kegendong pun, kakinya Adia gantung, atau terlipat kedepan, pokoknya serba salah). Kerjasama yg dibutuhkan mungkin lebih ke "Elo Capek Gue Juga Harus Capek". Selama bisa saling sharing kekuatan untuk mengatasi kebosanan anak selama di pesawat, Insya Allah beres mau berapa jam pun ada di udara. Elo aja bisa kerjasama waktu bikin anak, masa' gak mau kerjasama ngurusnya??

Sharing gue diatas ini cuma berdasarkan pengalaman pribadi, untuk penerbangan selama 8 jam, membawa satu infant berumur 19 bulan, dan cuma Ayah-Ibunya aja yg ikut. Bisa aja gak bisa diterapkan kalo misalnya penerbangan lebih dari 8 jam, bawa 2 anak (atau umur anak dibawah atau diatas 19 bulan), atau cuma salah satu Ayah-Ibunya yg ikut (atau malah rombongan ada ortu/mertua/babysitter yg ikut). Jadi bisa aja sharingnya gak tepat sasaran. Cuma at least bisa ngasih gambaran gimana di udara buat teman2 yg belom pernah ngajakin anaknya terbang naik pesawat. Tinggal butuh penyesuaian aja. Tiap ortu kan punya cara sendiri-sendiri dalam ngurus anak, nah diatas itu cara gue sama Dewa.

So, jangan pernah takut ngajak anak buat traveling jauh ya. Gue rasa mereka juga berhak merasakan apa yg dirasakan orangtuanya. Ortunya sering traveling, ya mereka berhak ikut, karna mereka udah jadi bagian dari hidup kita (kalo tiap traveling maunya bedua mulu, ya jangan punya anak dulu kaleeeeee..). Kecuali kalo emang ortunya mau "Our Time"--->>Pembenaran, karna taun depan rencana mau bulan madu kedua sama Dewa. #eeeeeaaaaaa #eeeeeiiiii #eeeeuuuu #eeeeeeeee #eeeeooooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar