Kamis, 19 Juli 2012

1st Honeymoon, Sikuai Island, West Sumatra

Jadi kepikiran, kemaren sempet bahas tentang honeymoon di twiter. Keinget Honeymoon pertama itu, gue sama Dewa ke Pulau Sikuai, di Sumatera Barat. Sebenernya Dewa udah pernah bikin disini nih http://www.novitaangelia.blogspot.com/2010/01/sikuai-island-for-our-sweet-escape.html tapi namanya suami nyebelin, dan lagi gak ada ide mau nulis apaan di blog, ya bikin aja dah juga versi gue sendiri. *gak mau kalah*

Alkisah, waktu nikah, gue sama Dewa gak ada kepikiran rencana mau honeymoon dimana. Emang pengen spontan aja (sebenernya sih fokusnya di malem pertama, bodo amat dah bulan madu, hahaha-->> Ketawa mesum). Dapet hadiah pernikahan dari Ayah, di bookingin 2 malam di Hotel Gran Melia, Kuningan. Lumayan banget ngerasain di hotel beginian (beda loh sama hotel-hotel yang elo pada biasa check-in. Hotel itu tuh.. #eeeaaaa), maklum namanya juga orang kampung. Banyak aktivitas yang kami lakukan di hotel tersebut. Malem pertama, jam 7 pertama, jam 10 pertama, jam 1 pertama, jam 3 pertama, jam 6 pertama (ketauan sering banget, makanya #Adia langsung jadi), ngitung duit angpao juga disitu (karna alhamdulillah dikasih rejeki sama ortu, kalo uang angpao buat "modal awal" kami mengarungi pernikahan). Sampe ngitung duit angpao pun, gue sama Dewa gak kepikiran buat honeymoon. Karna sebenernya sayang aja buang2 duit. Toh sebenernya nginep 2 malem di hotel bagus gitu juga udah termasuk honeymoon (norak abis, kampungan lu!! Padang pelit lu woy!! *nulis sendiri* *emosi sendiri*). Sampe akhirnya ada SMS masuk dari Mbak Viera: "Dek, sorry ya gue gak bisa ke Indonesia hadir di nikahan elo. Ini gue kirim aja duit buat elo sama Dewa Honeymoon ya. Happy Wedding". REJEKI!!

Mbak Viera ngirim duit. Jadi gue sama Dewa bisa honeymoon tanpa harus motong dari duit angpao.. Asiiikk.. Langsung browsing2 sama Dewa, kira2 mau kemana. Keluar negeri (waktu itu gue pikir) ribet (padahal enggak yak?? Maklum, gede di Kramat Jati). Somehow, tiba2 terlintas pikiran. PULANG KAMPUNG AJA YUK!! Dewa setuju. Pilihannya jadi ada dua, Padang atau Bali. Bali merupakan pilihan yang sangat menggoda. Tapi belum lama sebelum nikah, gue berdua udah kesana buat upacara adat. Selain alasan itu, alasan terlalu mainstream (pengen beda aja, idih eh idih) juga termasuk. Karna sebagian besar orang, honeymoon (pertama) itu ke Bali. Pilihan tinggal Padang. Mulailah browsing, apa yang menarik di kampung gue ini (karna emang rencananya abis liburan, mampir ke Payakumbuh, kampung Nyokap, desa gitu, yang di luar jendela ada kuburaaaaa!! *stres kalo keinget*).

Setelah browsing, ternyata ada 1 pulau di daerah Padang, yang keren. Namanya Pulau Sikuai. Mulai deh cari tau, biaya berapa dll. Ternyata masuk sama budget, langsung saat itu juga, booking pesawat ke Padang, dan booking kamar (termurah tentunya) dan semua paket yang ditawarkan (dijemput sejak dari Bandara, dan beberapa paket permainan di Pulau tersebut). Sampai di kantor pengelola Pulau Sikuai, lagi-lagi dapet rejeki nomplok. Kamar yang kami pesan di upgrade. Dengan harga kamar termurah, kami boleh menggunakan kamar termahal!! Aneh, padahal lagi di Padang, gudangnya orang Padang, tapi gak pelit sama pelanggan (mulai meragukan ke-Padang-an orang Padang). Auah kebanyakan kata Padang.

Perjalanan dari Pelabuhan Padang, ke pulau Sikuai itu sekitar 30 menit. Ternyata gak cuma di Jakarta doang loh lautnya kotor. Soalnya perahu cepat yang kami tumpangi itu sempet ada sampah yang nyangkut di baling-baling, dan sempet terombang ambing di tengah laut (salah satu keadaan yang sangat bikin gue parno, maklum gak bisa berenang, hahaha-->>Ketawa bego). Untungnya bisa jalan lagi. Semua keparnoan itu hilang, setelah sampai ke Pulau Sikuai. Kami disambut dengan hamparan pasir yang sangat luar biasa indah, lautnya juga bersih, bening, bahkan terlihat ikan2 yg lagi berenang dan terumbu karang didalamnya. Keren. Jadi pengen cepet2 ke kamar buat gituan lagi.__>> Gak nyambung

Disambut dengan pegawai pulau yang cukup ramah, dan diantar ke kamar. Disana, bentuk kamarnya itu kayak paviliun ternyata, dan dari kayu. Gampang banget kebakaran sih, tapi eksotis. Isi dalam kamarnya seperti kebanyakan penginapan. Tivi, AC, double bed. Kamar mandi ada shower. Sayang gak ada bathtub (kan lumayan buat variasi, masa' dikasur mulu, wakwaw..). Yang mantab itu view depan kamar, selat yang cukup besar, dan depannya ada pulau. Pulau kosong. Kayak pulau hantu. *backsound berubah jadi seram*

Permainan juga banyak disini. Snorkeling, singlespeedboat, banana boat, sampe sepedaan keliling pulau juga ada. Nyobain snorkeling, bagus banget dibawah laut ternyata (maklum gak pernah snorkeling sebelumnya, wong renang aja gak bisa). Tapi eh tapi, gue cuma kuat sebentar. Setelah ngeliat beberapa bulu babi berwarna hitam, somehow kepala langsung pusing (norak abis sumpah), jadinya Dewa sendiri yang nerusin snorkelingnya. "Sayang kalo gak dipake, waktu 30 menit soalnya"--->> Baru nikah beberapa hari, udah ketularan Padang. Kami juga nyobain sepedaan, karna emang ada trek yang ngitarin pulau, cukup besar juga ternyata. Dan mereka juga ada resort gitu, dibagian belakang pulau, yang langsung view-nya laut Sumatra (di bagian ini nih yang bahaya kalo ada tsunami). Cukup menyenangkan, keliling pulau sepedaan itu bisa 30-45 menit, dengan rute naik-turun (lumayan olahraga kaki, masa' olahraganya selangkangan mulu).

Dan ada 1 spot yang menurut gue terkeren dari pulau sikuai, yaitu kolam renang yang berada di puncak pulau!! Untuk menuju kesini, harus jalan kaki melewati ratusan anak tangga (bahkan Dewa harus istirahat dulu, saking tingginya. Antara saking tingginya atau gara2 udah "beronde-ronde" ya ini??). Kalo elo udah nyampe atas, akan terhampar pemandangan super mantab (seakan2 elo kayak naik gunung, belom pernah sih gue). Bisa liat sunset pula. Sepandangan mata gue sih, 100 m diatas laut ada itu, pegawainya juga ngomong, disitu tempat paling aman kalo tsunami. Rada ngeri sih sama tsunami. Tapi selama perjalanan menuju puncak, di satu titik ada alat pendeteksi tsunami gitu. Gak tau juga fungsinya buat apa. Kayaknya udah rusak deh (jelek2in gini, hahaha-->>Ketawa nyebelin).

Gak adil rasanya kalo cuma ngomongin yang bagus2nya doang, ada beberapa hal yang menurut gue kurang dari Pulau ini.
1. Sepi.
Alasan kamar gue diupgrade itu, karna kamar yg termurah itu jauh dari lobi. Mau tau sepinya segimana? Gue sama Dewa satu2nya tamu yang menginap. Enaknya sih seakan jadi punya pulau pribadi. Tapi tetep aja spooky. Kalo tiba2 dari laut ada monster keluar gimane?? #lebay
2. Listrik mati dari jam 09.00-15.00.
Ini bener2 mati loh, sedikit tersiksa kalo elo udah pada mati gaya, terus mau dikamar aja. AC-tivi, bahkan aer gak nyala. Namanya honeymoon, gue sengaja2in mati gaya, biar di kamar mulu padahal. Kebayang kan tersiksanya?? #lebay
3. Makanan Mahal.
Kalo ini sih udah gue tebak sejak di Padang. Jadi, gue sama Dewa udah bekal pop mie!! Selama honeymoon, cuma makan sekali disana. Dan bener, beli ikan satu, sayur, sama es kelapa aja bisa 100ribuan. Sarapan dikasih. Sisanya, mabok pop mie. Mau yang rebus atau goreng, ada semua di tas. Padang mau di-Padang-in. Salah kau Udaa dan Unii..
4. Kolam Renang gak keurus.
Kolam renang yang gue ceritain diatas, itu gak keurus. Gak bisa disalahin juga sih, karna emang gak ada tamunya. Kalo fasilitas ini ada, perfect banget padahal. Sembari berenang sembari gituan<<-- Namanya juga honeymoon.
Sempet ngobrol sama pegawainya, emang semenjak gempa besar kemaren di Padang, wisata pulau-laut kayak Sikuai-Mentawai itu jadi sedikit peminatnya. Pada takut sama tsunami. Katanya, masa-masa jaya, sebelum ada bencana alam tersebut, gak ada tuh listrik dimatiin dan kolam renang pun  bisa dipake. Karna yang ke Sikuai itu bukan hanya yang nginep, tapi banyak orang Padang yang rekreasi ke Sikuai dari pagi, pulang sore. Ternyata bencana alam itu gak ngancurin sesaat ya, tapi bisa jangka panjang begitu.

Gaya tengil, pas speedboat mogok, panik setengah mampus..

Yang bikin indah bukan pemandangannya, tapi orangnya.. *minta jatah nanti malem*




Meski semua kayu, mau "berisik" gak papa. Gak ada orang.
Sengaja tutup merk minuman, nanti disangka iklan..
Udah gue bilang, bukan lautnya, tapi sepedanyaaaa.. Eh, orangnyaaaa..
Awas Bun!! Ada bulu babi!! *masih parno*
Spot terbaik di Sikuai!! Aaaahh.. Kalo kolam renang bisa pake, "sensasi" padahal kalo outdoor..
Dewa lagi tidur..
Lah, gue juga lagi tiduran. Terus ini siapa yang motttooo??!! #taelah
Dewa ngajakin sarapan di teras. Ngarti dia kalo di dalem ujung2nya gimane..
Kapan badan gue begini lagiii.. *galau setelah ngeblog*

Dibalik semua kekurangan dari Pulau Sikuai, gue sama Dewa cukup puas (dari sisi apa dulu nih, puas apa "puas"??) honeymoon disini menyenangkan. Honeymoon yang penuh spontanitas, honeymoon pertama yang cukup bergelora..

Dijudul, dan di kalimat terakhir, gue bilang 1st honeymoon atau honeymoon pertama. Berarti ada yang kedua, ketiga dan seterusnya?? So pasti ada. Buat gue sama Dewa, "Me Time" dan "Pacaran Time" itu penting. Karna diluar 2 waktu itu, udah pasti "Child Time" (waktu buat anak).

Honeymoon pertama, bisa menghasilkan Kei Radhiyya Akbar.
Honeymoon kedua, Insya Allah menghasilkan adiknya Adia.
Honeymoon pertama, ke kampung gue, Padang.
Honeymoon kedua?? Gantian ke kampungnya Dewa, Bali!!

Taun depan gue share lagi deh ya cerita2nya. Poto2nya. Sama video 3gp juga deh pas lagi bikin adiknya Adia, bonus buat para Bagolisme..
(orang mah nonton kobep terangsang, ini malah eneg kayaknya kalo ngeliat pemerannya gue)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar