Senin, 16 Juli 2012

Kerjaan Enak

Tulisan ini sebenernya akumulasi dari 1 percakapan singkat sama temen di twitter. Dan 1 percakapan panjang sama temen yg weekend kemaren nginep dirumah. Beruntung gue di kelilingi teman2 yang (sebagian besar) rendah hati, yang gak belagu sama kerjaan yang mereka jalani, sebesar apapun perusahaannya, sebesar apapun gajinya, dan seberapapun mereka sukses (dengan kriteria tertentu pastinya).

Gue rangkum sedikit apa yang dibilang sama 2 temen gue itu ya:
H (inisial temen 1): "Pekerjaan elo enak banget itu Gol. Duit ada, deket sama anak. Pasti banyak yang iri, termasuk gue. :) Ngeliat anak tumbuh, ngelakuin hal pertama yg dia bisa, menurut gue itu priceless".
H ini temen SMA, yang kerja di salah satu perusahaan otomotif besar jepang. Udah berkeluarga, punya 1 anak. Dan lagi ada tugas kantor ke Jepang.
F (inisial temen 2): "Elolah yang the best enaknya, bangun sesuka hati, jam kerja bebas, gak ada Bos yang marahin. Bukan berarti gue gak suka sama kerjaan gue sekarang, temen kantor enak, kerjaan santai, reward juga lumayan. Tapi kalo disuruh milih, pasti kebanyakan maunya milih kerjaan kayak elo Gol".
F ini temen kampus gue, yang kerja di salah satu perusahaan consumer goods besar dari Inggris. Belom berkeluarga, dan lagi penempatan di Kendari.

Dari situ, gue berpikir, "Sebenernya apa definisi dari 'Kerjaan Enak'??"

Sering ngobrol sama temen, rata-rata mereka bilang kerjaan yg gue lakuin sekarang ini enak, beberapa diantaranya adalah (menurut mereka ya):
1. Bangun tidur dan berangkat sesuka hati.
2. Gak kena macet atau berdesak2an di kendaraan umum.
3. Santai, karna gak punya Bos. Sehingga jam ngantor pun bebas.
4. Kerja bawa Adia, jadi bisa sekalian ngurus.
Gue pernah kerja kantoran juga, dan mungkin setuju sama yang mereka sering lontarkan mengenai pekerjaan ini. Dan kalo dibandingin sama kerjaan dulu:
1. Harus bangun pagi, paling telat jam stgh 6. Berangkat juga kalo lewat jam 6, pasti ke kantor telat.
2. Pernah kerja di daerah Juanda, harus naek busway 2 jam. Desek2an dan kena macet.
3. Kerja di 3 perusahaan, pressure dari Bos itu ada banget. Terutama waktu jadi Relationship Manager. Puyeng kalo lagi ngomongin target.
4. Belom punya Adia, belom tau keadaannya gimana. Tapi nyebar benih mah sering. #eeeaaaa

Kalo dilihat perbandingan diatas, mungkin bisa bilang alhamdulillah sama apa yang gue lakuin saat ini. Tapi sebenernya, menurut gue sendiri, ada kekurangannya kalo elo ada di posisi ini. Yang mungkin juga gue iri-in dari Dewa dan temen2 yang kerja kantoran lainnya. Beberapa diantaranya gue jabarin deh ya..
1. Jalan-jalan gratis.
Ini bisa terjadi kalo elo kerja kantoran. Kayak temen gue yg training sampe ke Jepang bahkan ke Belanda, temen yang kerja di luar pulau ke Jakarta pesawat dibayarin cuma buat meeting, temen yang jalan2 ke Eropa atau negara keren lainnya karna target di kantor tercapai. Bahkan yg terbaru, Dewa dan teman2nya ke Bali weekend kemaren cuma buat Outing kantor, which is, isinya cuma bersenang2!! Gimana gak enak??
2. Fasilitas kantor.
Wiraswasta kayak gue yang masih kecil2an, gak punya previlige beginian. Kayak temen gue yang dapet tunjangan rumah dinas plus mobil dinas GRATIS, asuransi kesehatan dan asuransi lainnya yg udah termasuk sama paket dari gaji, maupun fasilitas-fasilitas kecil macam ngutang ke kantor melalui koperasi dan lainnya. Bahkan di kantornya Dewa, bisa nyicil mobil atau rumah dengan bunga yang sangat luar biasa rendah.
3. Penghasilan tetap.
Awal2 gue bangun PT. Indo Koala Remittance ini, boro2 punya penghasilan tetap, udah dapet profit dari transaksi aja senengnya minta ampun. Siap berdarah2 selama 4-6 bulan pertama itu mah wajib buat wiraswasta. Bandingin sama orang kantoran. Dari awal ngantor, udah pasti gaji kotor sekian, take home pay sekian, tanpa perlu berdarah2. Kalo hari libur atau gak masuk kantor pun, gaji gak akan berubah. Gue sebel kalo ada libur, karna berarti hari untuk gue menghasilkan uang akan berkurang. 5 hari kerja (Senin-Jumat) dan 2 hari libur (Sabtu-Minggu) udah cukup harusnya dalam seminggu itu.
4. THR plus Reward plus Bonus.
Keuangan-MSDM-Operasional-Marketing, semua unsur manajemen gue sendiri yang ngerjain. Belom tau skema bonus+Reward+THR ini pegimane. Kalo kerja kantoran, di perusahaan skala kecil pun, pasti ada THR yang minimal besarnya itu 1x gaji tiap tahunnya. Reward, seperti yang gue bilang diatas, kalo udah skala perusahaan besar, bisa jalan2 keluar negeri dibayarin kantor dengan catatan target tercapai atau bahkan berupa barang2 mahal yang dikasih secara cuma2. Bonus pun begitu, kalo target tercapai, nilainya bisa sangat masuk akal seperti yang diterima Dewa dan teman2nya di bagian treasury.
5. Promosi.
Jabatan gue di PT. Indo Koala Remittance itu udah gak memungkinkan buat promosi. Kalo elo kerja kantoran, dan punya prestasi bagus, pelan2 bakal promosi jabatan, dan gak memungkinkan untuk terus naik hingga puncaknya, jadi CEO. Efeknya apa?? Keuntungan 1-4 diatas akan meningkat secara otomatis pula. Jalan-jalan gratis mungkin udah dapet pesawat yg terbaik, fasilitas juga akan maksimal didapat dari kantor, penghasilan pasti naik, THR-Reward-Bonus juga mungkin udah gak perlu didapat dengan susah payah lagi.
6. Sosialisasi.
Kondisi kerjaan gue, kantor ada dirumah Ayah-Mama. Tiap hari yang gue temuin: Ayah-Mama, Adia dan Arini (Mbaknya Adia). Dulu masih keluarga Kakak, jadi ada ponakan juga Rakata-Ranaka. Dan selalu di depan komputer dan telpon, nunggu buat ngerjain transaksi. Emang rame, tapi gue gak bisa sosialisasi sama orang lain. Kerja di Astra, temen gue nambah. Kerja di ABNAMRO, nambah lagi. Kerja di Stanchart, nambah lebih banyak lagi. Sekarang paling gue harus gabung sama komunitas baru biar nambah teman. Jadi gak bisa deh tuh kayak anak kantoran yang bisa ngetweet: "Lunch @blablabla with 11,37 others" atau "Dinner @bliblibli ditraktir sama Pak Bos blublublu with temen sekantor".

Jadi "Sebenernya apa definisi dari 'Kerjaan Enak'??"

"Kerjaan Enak" itu pasti beda-beda tiap orang. Kalo gue jawab definisinya dengan kriteria yang pasti, sama aja ngelempar bola panas ke blog ini. Kalo gue bilang wiraswasta lebih enak, orang kantoran bakal tersinggung, begitupula sebaliknya. Sama kayak perdebatan yang gak akan pernah selesai antara jadi Ibu Rumah Tangga (IRT) atau jadi Ibu Karier (IK). Yang IRT bakal bilang pilihan mereka yang terbaik, yang IK juga akan kekeuh mereka yg paling bener. Gak akan pernah selesai perdebatannya kalo cuma ngeliat dari kacamata pribadi, gak ngeliat dari kacamata orang lain.

Jadi, menurut gue pribadi, definisi dari "Kerjaan Enak" itu sangat simpel.
Kerjaan itu bisa dibilang Enak, kalo elo gak MALAS sama apa yang dikerjakan.
Gak malas merem di saat malam hari mau tidur.
Gak malas disaat bangun pagi dan mau beraktivitas.
Gak malas kalo sekarang hari Minggu dan besok udah Senin lagi.
Kerjaan Enak itu apa yang elo rasain, bukan apa yang elo dapat. Percuma aja misalnya elo dapet kerjaan yg bisa dibilang sempurna: Bisa bangun siang, gak kena macet, fasilitas bagus, dan penghasilan ciamik, tapi ternyata apa yang elo rasain gak kayak gitu.
Enak itu gak bisa terlihat. Enak itu bukan mendapatkan kekayaan materi secara fisik, tapi Enak itu disaat elo mendapatkan "kekayaan" jiwa didalam hati.

Mudah-mudahan elo semua yang baca ini punya Kerjaan Enak ya. Amien.

"Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life" -Confucius-

"Find a job you like and you add five days to every week." -H. Jackson Brown, Jr-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar