Senin, 10 November 2014

Silang Plat Nomor Mobil

Tadi malam ada temen yang message gue menanyakan tentang bagaimana cara-nya mempertahankan plat nomor mobil yang lama, kalo dia punya rencana beli mobil baru. Pas gue lagi sharing, eh ternyata koq panjang ya -__- Jadi nulis aja deh di blog.

Sekitar 4,5 tahun yang lalu, gue ama Dewa memutuskan untuk beli mobil, dikarnakan masa kehamilan-nya sudah memasuki usia 3-4 bulan. Lengkap-nya kemaren sempet nulis: "Sedihnya Menjual Mobil Pertama".

Karna itu merupakan pertamakali-nya kami patungan membeli barang yang sangat mahal (bener mahal loh, dengan kondisi perusahaan gue saat itu baru berumur hitungan minggu), maka diputuskan untuk membuat sesuatu yang spesial. Akhir-nya pilihan jatuh kepada membuat plat nomor yang bermakna.

Seperti biasa, untuk urusan begini, gue serahkan kepada sang Bos untuk memutuskan, dan terpilih-lah kombinasi B 1001 DEW. Angka yang dimaksud melambangkan "10 Januari", tanggal pernikahan kami. 3 huruf terakhir adalah merupakan nama pemangku wewenang tertinggi. B-nya bisa juga dibaca "Bagol", jadi secara keseluruhan bisa dibaca seperti ini:

Bagol 10 Januari (2010 akhirnya bisa ML sama) Dewa

Jasa dari salah satu temen saat itu gak bisa dikesampingkan, dari beliau, gue cukup memberikan biaya untuk pembuatan, dan semua dibantu urusin. Tapi sedikit sial, ternyata B 1001 DEW tidak dapat digunakan, sehingga harus dibuat sedikit penyesuaian, dipilihlah B 101 DEW. Setelah kembali dilakukan pengecekan, alhamdulillah nomor tersebut bisa kami pergunakan.

4,5 tahun berlalu sejak saat itu, dengan pertimbangan mobil yang kami beli tersebut sudah memasuki usia "tua" (karna usia mobil yang ideal adalah 5 tahun, dan setelahnya mengharuskan biaya perawatan yang cukup tinggi. Untung aja si Dewa Menopause masih lama, jadi gak perlu regenerasi istri), dan juga kelahiran Carra membuat kendaraan tersebut terasa lebih sesak untuk dipakai bepergian. Sehingga kami memutuskan untuk regenerasi mobil.

Sedih emang ngejual mobil pertama, kalo inget gimana perjuangan-nya. Agar masih ada sisa kenangan dari-nya, harus ada yang tersisa apabila kami membeli mobil baru. Punya mantan mobil sama mantan pacar beda. Kalo mantan mobil, seenggaknya ada bagian yang masih bisa kita miliki. Kalo mantan pacar, ya buang aja semua bagian dari-nya. #saik

B 101 DEW HARUS KAMI PERTAHANKAN!!

Berikut proses yang kami lalui untuk mempertahankan-nya:

1. Menentukan Mobil Baru.
Mau punya mobil baru, tentu akan pusing menentukan pilihan dengan begitu banyak-nya merk dan keunggulan masing-masing. Kalo kami pribadi sih: 3 baris didalamn, irit, dan tentu saja sesuai budget. Sedikit yang punya (seenggaknya dari warna) juga merupakan salah satu syarat, meski gak mutlak. Kalo udah ketauan, pergi ke dealer, mulai tanya-tanya. Nanti kan ketauan, harga berapa (plus dapet diskon atau bonus apa), kalo Down Payment (DP) sekian, cicilan kena berapa, sukur-sukur bisa cash kan jadi gak puyeng kayak gue, mobil sih ada di garasi, tapi punya perusahaan leasing sebenernya. Pft.

2. Bayar "Uang Panjer" ke Dealer.
Kalo udah deal, dan pasti mau mobil yang mana, langsung aja kasih "Uang Panjer" (yang biasanya sih besaran 3-10 juta), sebagai tanda jadi, sehingga mereka bisa ngeluarin Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Dengan dapat-nya SPK, dealer akan langsung mencari mobil yang sudah kita pesan, dan tinggal nunggu kabar, kapan mobil-nya ready. Karna kebanyakan mobil akan berstatus indent (menunggu produksi) untuk waktu beberapa bulan.

3. Jual Mobil Lama.
Nah, ini yang rada ribet. Kemaren Dewa yang bagian masukin iklan ke jual-beli mobil online, gue bagian yang ngiter ke pedagang mobil sekitaran Depok. Dan ternyata ada perbedaan harga yang cukup besar antara harga online, sama harga langsung dilapangan. Sampe tengsin juga ngasih harga kemahalan pas lagi muter -__- Tapi waktu itu juga gak langsung jual cepet, karna masih nunggu kabar dari dealer kapan mobil-nya ready. Ditahap ini cukup pusing, karna sebagian besar pedagang mobil gak mau kalo Silang Nomor, alasan-nya sangat masuk akal: "Yaaaa.. Kalo silang nomor kan saya masih harus nunggu proses-nya Pak, bisa sampe 2 minggu. Terus ini mobil gak bisa saya apa-apain kalo gak ada plat nomor dan surat-surat". Bener juga, kan mereka jual-beli, dan pengen perputaran cepet. Kalo gak pake silang nomor, mungkin abis beli dari gue, besoknya bisa dia jual langsung. Sempet hopeless dan pasrah bakal kehilangan B 101 DEW. Karna di sisi lain, udah gak boleh bikin plat nomor sesuai dengan keinginan kita lagi. Gak tau ini kenapa, udah dikonfirmasi sama temen yang di kepolisian. Jadi gak bisa dong ya suatu saat bikin Plat B 46 OL :(((

4. Mobil Ready, Proses Leasing.
Nambah pusing pas dikabarin sama salesman kalo mobil udah ready. Karna prediksi dia 1-2 bulan, ini baru itungan minggu udah ada. "Iya Pak, karna warna-nya jarang ada orang yang mau, jadi stok-nya banyak". Sesuai keinginan, biar beda (padahal tau nanti 5 taun lagi pas dijual bakal lebih susah). Pppfffttt. Ternyata saat mobil ready, kami gak dikasih waktu banyak oleh dealer untuk membayar DP, karna mereka punya semacam hutang di bank yang bunga-nya jalan terus. Karna DP sebagian besar kami dapatkan dari hasil penjualan mobil lama, minta waktu 2 minggu untuk kemudian mencari pembeli. Di waktu yang sama ini, proses leasing juga mulai dilakukan. Persyaratan kayak fotokopi KTP, NPWP, Kartu Keluarga, PBB, SIUP, serta rekening 3 bulan terakhir gue serahkan kepada dealer untuk selanjut-nya akan meneruskan-nya ke perusahaan pembiayaan, dan mereka men-survey kelayakan untuk mendapatkan kredit. Maklum kuat-nya masih ngutang. Dan ini proses-nya gak lama, cuma beberapa hari, udah ada keputusan kalo aplikasi gue udah di approve, tinggal nunggu pembayaran DP ke dealer. Haaaahh.. Langsung teringat waktu masih kerja di Toyota Astra Finance.. Mana pake dipecat segala lagi kan. Sorakin tim penilai Management Trainee-nya.. WOOOOOOOOO..

5. Deal Dengan Pembeli.
Setelah blusukan yang tidak kunjung menghasilkan, gue mencoba untuk ke salah satu pedagang mobil yang direkomendasikan temen. Bela-belain ketemuan di daerah Patal Senayan agar beliau bisa langsung melihat mobil, karna tawaran pertama-nya yang lebih tinggi dari pedagang lain. Itu hari Kamis. Sebelum masuk ke negosiasi, pertanyaan krusial gue lontarkan di awal: "Pak, maaf, kayaknya perlu silang nomor, karna ini cukup bermakna buat kami, gak papa gak?". "Hhhhmmm.. Silang nomor ya?", katanya penuh keraguan. Deg. Deg. Deg. Dia ambil telpon, terus ngomong: "Orangnya mau silang nomor nih, gimana, blablabla", bikin gue makin tegang aja, terus refleks nyemil makanan yang dia pesen. HAHAHA. Bener itu. Kamfret emang. Dia tutup telpon, "Ya boleh Pak silang nomor, tapi turunin dikit ya harga-nya". Waaaaaahhhh.. Asiiiiiikkkkk.. Karna angka-nya tetap sesuai target gue sama Dewa, DEAL!! Alhamdulillah. Mau diambil juga saat itu, tapi weekend kami ada acara. Jadi minta kompensasi untuk menghabiskan 4 hari terakhir dengan mobil tersebut, saat-saat terakhir. Ibarat-nya udah ketauan nih pacar mau mutusin kita dalam beberapa hari kedepan, berc*mbu dulu bisa kali -__-

6. Jual-Beli Selesai. Pembayaran Dilakukan.
Karna waktu Kamis sang pembeli hanya memberikan tanda jadi 3 juta, maka Senin-nya kami bertemu untuk pelunasan sisanya, sekaligus gue menyerahkan mobil tersebut ke beliau. Janjian di BCA Margonda, dasar emang orang kaya ye pedagang mobil itu, masuknya ke BCA Prioritas. Enak banget, ada ruang tunggu gitu dan langsung ditanya sama pelayan-nya "Mau minum apa Pak?", gokil. Pas nomor antrian dipanggil, langsung disamperin sama teller-nya, dan gak berdiri kayak biasa, kayak lagi di customer service, duduk. KAPAN GUE BISA BEGITU KALO TRANSAKSI DI BCA???!!! Disitu, beliau langsung melunasi pembelian mobil, dan gue juga langsung melakukan pembayaran DP ke rekening Dealer. Pas pulang, disitulah gue berpisah sama mobil lama :((

7. Mobil Dikirim. Faktur Jadi.
Setelah Senin melakukan pembayaran, hari Rabu mobil sudah diantar langsung kerumah, sangat cepat proses-nya, gak belibet. Tapi karna plat nomor belum keluar, mobil tersebut masih belum dapat digunakan. Sempet bandel bawa ini mobil keluar, eh kena razia. Sempet dikandangin juga sama polisi di Polres, sebelum akhirnya bisa keluar juga sih dihari yang sama (gak mau panjangin cerita, biar penasaran). Hari Jumat-nya faktur sudah jadi dan bisa diambil di dealer. Waktu deal dengan pembeli tersebut, beliau bilang, biar dia aja yang urus Silang Nomor, karna pake biro jasa langganan. Dan syarat-nya cuma 3:
- Faktur Dari Dealer,
- KTP Asli Pemilik Nama di BPKB Mobil Lama,
- Biaya Jasa (yang besar-nya gak lebih mahal dari gadget punya lu)
Jumat itu pula langsung gue ketemuan sama beliau untuk menyerahkan persyaratan. Gak pake lama, ngeri ketangkep polisi lagi kan (masih gak mau cerita biar penasaran).

8. Faktur Beres. Balik ke Dealer.
Rabu, gue dihubungi pembeli tersebut dan beliau bilang kalo faktur udah jadi dan bisa diambil. Gak banyak cingcong, langsung gue ketemuan lagi untuk ngambil itu faktur, dan langsung menyerahkan-nya kembali ke dealer, untuk selanjutnya mereka yang mengurus BPKB-STNK-Plat yang sudah melalui proses Silang Nomor tersebut. Disini juga ada 2 pilihan, mau dipercepat atau biasa aja. Biasa aja memakan waktu sekitar 2 minggu proses-nya. Sedangkan kalo mau dipercepat, kena biaya, tapi bisa jadi dalam hitungan hari. Kalo dibandingkan antara biaya yang dikenakan, dan kecepatan waktu bikin, sangat worth it.

9. Plat Nomor dan STNK Jadi.
Saat gue ngasih faktur ke Dealer hari Rabu, mereka bilang Plat udah bisa gue ambil hari Selasa, eh, ternyata kemaren, Senin 10 November 2014, semua proses bereeeeesss.. Wooohoooo..






Akhirnya bisa bawa ini mobil keluar Depok..

Akhirnya gak takut kalo liat ada razia polisi dijalan..

Akhirnya B 101 DEW dapat kami pertahankan!!

Welcome Home Baby.. With Your Different Body..

Semua proses yang kami lalui ini gak makan waktu banyak. Mungkin kurang lebih cuma 1,5 bulan semenjak gue sama Dewa memutuskan untuk regenerasi kendaraan. Cepet banget. Nentuin mobil gampang, mobil baru ready gak lama, proses kredit beberapa hari, deal sama pembeli itungan menit, proses surat-surat untuk Silang Nomor juga paling total memakan waktu 2 minggu doang. Semua dimudahkan.






Kadang, gue suka berpikir, Dewa ini banyak dinaungi keberuntungan (kalo kata temen-temen dan keluarga-nya), jadi abis menikah kadang suka dimudahkan untuk banyak urusan. Bagus dah kalo gitu.

Eh tapi..

Rumah kan udah atas nama dia..

Mobil pertama juga begitu dulu..

Ini mobil atas nama dia juga..

HARTA YANG ATAS NAMA GUE MANA INI???!!!

BAHAYA INI KALO DEWA SELINGKUH!!!

6 komentar:

  1. Malam..

    bisa minta info perkiraan harga nya..?
    saya menghadapi kejadian yg sama jg.. mau silang nomor..

    thanks

    BalasHapus
  2. Saya dg Kirby..

    btw.. nomor yg akan saya silang juga 3 angka, tapi huruf akhir 2 alfabet.
    please.. mohon info biaya jasa nya, coz saya sudah lengkap syaratnya.. hanya belum emu biro jasa dan harganya..

    No ku jg kenang2an sat saya & istri baru dapat mobil pertama.

    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mau nanya kalau silang nomer sampai berapa hari y kira2,ok mks

      Hapus
  3. Pak Andhika. Sy ingin tanya misalkan mobil dijual sekarang ke dealer mobil utk trade in dgn mobil baru, tetapi mobil barunya msh 3 bln lagi dr sekarang. Bagaimana sebaiknya krn saya msh ingin pakai nomer ini? Dan apakah dealer/ showroom bisa membantu. Krn kalo tdk dijual sekarang mobil ini akan turun lagi bila tdk di jual sekarang, sedangkan mobil baru/ gantinya msh 3 bln lagi. Mohon sarannya. Tks dadang di jakarta

    BalasHapus
  4. gila sih, ini mobil bisa masuk daftar 10 harga mobil baru termurah di Indonesia

    BalasHapus