Senin, 15 Oktober 2012

Rest In Peace Eko Anggoro..

2 soldier from heaven




2 orang ini adalah kawan gue yang udah dipanggil ke Rahmatullah..

Esmardo Jamauli (sebelah kanan mengenakan handband), telah berpulang tanggal 23 Agustus 2011 karna terkena (diagnosa-nya) serangan jantung.. (Lengkapnya bisa cek di link ini, pernah gue tulis blog tentang almarhum.. Rest In Peace Esmardo Jamauli.. )

Eko Anggoro, telah berpulang ke Rahmatullah tanggal 12 Oktober 2012, karna terkena penyempitan syaraf tulang belakang selama kurang lebih 2 bulan.. Dan sekarang, blog ini mau ceritain sedikit pertemanan gue dan kisah almarhum selama masih hidup..

Perkenalan pertamakali dengan Eko ini sekitar tahun 2003, saat futsal sedangan merangkak untuk menjadi sangat populer seperti saat ini. Gue udah kuliah di Manajemen UNPAD, Eko saat itu masih kuliah di UNPAR. Isak, salah satu temen maen bola/futsal dikampus, sering ngajak gue untuk maen futsal bareng sama temen-temen SMA 5-nya. Kebetulan, Isak dan Eko ini adalah temen satu angkatan di SMA. Jadilah gue kenal sama Eko.

Awal kenal, udah tau kalo anaknya pemalu, karna emang jarang banget ngobrol. Cuma sering nyeletuk-nyeletuk dikit aja di lapangan. Omongannya yang paling gue inget adalah, pertama kali maen futsal bareng, dia nge-golin pake kaki kiri kenceng banget shooting dari tengah. Pas lagi tos, iseng nanya "Ko, kaki elo itu kiri atau kanan sih?". Dengan pede, nyebelinnya dia jawab: "Saya bisa dua-duanya Gol!!", dengan muka lempeng. Gue tau dia becanda, Isak-pun langsung ngelepak kepalanya "Belagu siah nying". Tapi dalam hati, "Anjir ini orang, kaki kanan-kiri-nya sama bagus". Sedikit iri.

Selama sekitar 2 tahun, gue kenal Eko ya sebatas kalo maen futsal aja sama temen-temen Isak, meski intensitas mainnya ditingkatin, dengan sering sparing sama tim lain. Dari mulai maen bareng itu, somehow, kalo lagi diajak maen, gue pengennya bareng maen Isak-Eko. Isak karna emang dia temen setim dikampus, Eko ya karna maen sama dia enak. Enaknya? Dengan tingkat kontrol bola yang nyaris sempurna, kombinasi gak banyak gocek dengan sering passing itu sangat menyeramkan di lapangan futsal, shooting bisa keras menggunakan kaki kanan-kiri yang sama, bertahan dengan sangat baik (karna posisi aslinya kalo sepakbola adalah pemain bertahan) dan yang terpenting, gak ngerasa jago. Padahal jago.

Sampe akhirnya, pada saat penerimaan Mahasiswa Baru Manajemen Unpad 2004, gak disangka, ternyata Eko sekampus dan sejurusan sama gue. Dia ngelepas Unpar-nya, dan mulai berpetualang ditempat baru. Karna pemalu dan gak mau ribet, dia gak pengen ikut OSPEK di kampus. Kebetulan saat itu gue lagi jadi Ketua Himpunan dan sedikit "keras" sama anak-anak yg gak ikutan OSPEK. Salah satu peraturan "keras" yg: Siapapun pun yang gak ikutan OSPEK, gak boleh ikutan setiap acara yang diselenggarain Himpunan. Termasuk Liga Manajemen (ada sepakbola dan futsal didalamnya). Isak langsung bujuk Eko, "Lamun maneh teu ngilu Ospek, teu bisa ikutan maen bola jeung futsal siah. Eta si Bagol bikin peraturan kitu". Ajaib, dengan hanya alasan tersebut, Eko bela-bela-in akhirnya ikutan OSPEK.

Intensitas gue-Eko maen futsal bareng makin nambah. Maen bareng alumni SMA 5 masih jalan, di saat yang bersamaan kami punya tim baru. Namanya Tim Malam. Tim Malam ini adalah cikal-bakal berdirinya tim FUSEC UNPAD, yang di-inspirasi oleh Ade Abdillah (Manajemen 2001). Dia yang kumpulin pefutsal terbaik di Manajemen untuk bergabung, dan cari lawan keliling Bandung pada malam hari. Untuk diajakin sparring, yang kalah bayar lapangan. Gue-Eko-Isak pun bergabung, bersama para pemain hebat macam Alfredo-Frederick juga ikut memperkuat tim ini. Makin seringlah maen informal sama Eko. Kenapa gak formal? Masih jarang banget turnamen futsal di Bandung saat itu. Antar kampus aja masih jarang, gimana yang model open tournament. Maen bersama tim malam dan ngebantai lawan udah lebih dari cukup saat itu. *belagu padahal lawannya anak SMP semua*

Sampe akhirnya, Ade dapet undangan FEUI Cup 2005 dari temennya. Turnamen futsal formal. Karna waktu yg sangat mepet, akhirnya terbentuklah tim FE UNPAD yang bermaterikan mayoritas anak tim malam plus pesepakbola terbaik dari jurusan ESP-Akuntansi. Gue masuk, dan Eko-pun (saat itu masih Mahasiswa Baru), terpilih masuk tim yg dikapteni Ade sendiri dan coach Yamin. Saat masa persiapan, coach Yamin langsung ngeliat gue-Isak-Eko maen udah nyetel banget (karna emang udah hampir 3 tahun sering maen bareng), plus kemampuan "monster" yg dipunya Alfredo dan kecekatan Fredrick di bawah mistar, jadilah ini 5 starter selama kejuaraan berlangsung. Not bad, dengan persiapan yang pas-pas-an, kami kalah di semifinal oleh FE UKI (saat itu diperkuat Leonard Tupamahu- Eks Persija). Tapi dapat gelaran hiburan, peringkat 3 setelah ngalahin STAN. Saat perebutan tempat ketiga, Eko mencetak 2 gol di menit-menit awal untuk "menjamin" kemenangan. CV yang cukup baik selama kejuaraan, untuk seorang "anak baru".

FEUI Cup 2006. Dengan persiapan yang jauh lebih baik, pemain yang ikut pun sudah terjamin kualitasnya, hasil yang diraih pun meningkat. Ade udah pensiun, jadi ban kapten beralih ke ...... (ah sudahlah, gak usah dikasih tau, nanti dibilang sombong. #taelah) dan coach masih Yamin. Meski ada almarhum Esmardo yang pemain luarbiasa, tapi tetep Yamin masih ngandelin starter taun lalu, dengan alasan "Maennya udah sangat nyetel". Hasilnya? Meski tetep gak bisa juara dan gak bisa balas dendam, seenggaknya di final kami mamberikan perlawanan yang cukup keras buat FE UKI, meski kalah 6-8. Pernah nulis juga tentang kejuaraan ini, klik aja di FEUI Cup 2006 .Angkatan 2002 (gue-Isak-Alfredo-Fredrick, dll) memutuskan untuk pensiun setelah laga final tersebut. Dan kami gak perlu risau, karna yakin Eko bisa mimpin teman-temannya. Yakin banget.

Eko ini punya potensi memimpin yang sangat besar dalam dirinya. Tapi orangnya sangat pemalu. Jadi terkadang kami teman di sekitarnya harus "mendorong" dia untuk mau ngembangin potensi. Mungkin itu wujud sayang seorang teman.
Pertama, waktu pertandingan terakhir grup di FEUI Cup 2005. Ade harus absen, coach Yamin juga absen. Jadi tim sementara di pegang oleh Encop, asisten Yamin. Saat Ade gak ada, dia bukannya milih angkatan yang lebih tua buat jadi kapten gantiin Ade, tapi justru malah milih Eko!! Alasannya? "Biar Eko bisa ngomong dilapangan". Encop pun tau, Eko yg bakal mimpin tim ini 2-4 taun mendatang.
Kedua, waktu gue udah mau lulus dan harus ada suksesi Presiden FUSEC UNPAD. Gak lain dan gak bukan, cuma ada calon tunggal yang dapat dipercaya buat mimpin organisasi ini. Eko Anggoro. Awalnya dia menolak, karna ngerasa dirinya gak yakin bisa jadi pemimpin di organisasi. Tapi setelah diberi pengertian, dia ngerti kalo ini masalah tanggungjawab, dan dia ambil ini jabatan. Bahkan sampe menjabat 2 periode (karna saat itu masih bener-bener organisasi baru lahir). Di masa menjabat, FUSEC dikembangin oleh Eko, mulai ada AD/ART, udah ada program kerja yang jelas, dll. Sampe puncaknya, dia yang membuat FUSEC UNPAD yang sebelumnya adalah organisasi "kecil" di bawah Kementerian Olahraga BEM, menjadi Badan Semi Otonom (setara dengan Himpunan dan BEM). Impian dari gue dan Fredrick waktu mendirikan ini organisasi. Bahkan mungkin impian Ade semasa dia membentuk Tim Malam jauh hari sebelumnya. Great achievement from Mr. President Eko Anggoro.

Eko emang identik dengan FUSEC UNPAD, semua peran pernah di emban. Dari menjadi pemain yang berpeluh keringat di lapangan, menjadi pemimpin organisasi yang mengalami kemajuan signifikan, sampe akhirnya mengabdikan diri menjadi pelatih, saat dia memberikan kesempatan ke pemain muda. Seinget gue pun, Eko cukup lama melatih tim FUSEC, sekitar 2 tahun lebih. Meski ditengah kesibukannya, dia juga maen di tim futsal Unpad, maupun tim amatir Bandung (sering nontonin dia dan Mardo kalo lagi ada kejuaraan amatir di Jakarta. Peluang terbesar untuk menjadi pemain besar tetap ada di Esmardo. Tapi kalo gue suruh milih, Eko adalah pemain kedua terhebat di FUSEC, bahkan mungkin juga untuk tingkat UNPAD. Pernah ikut seleksi Electrik PLN, dan masuk 16 besar saat tahap seleksi. Tapi pas seleksi terakhir, gagal, karna Andri Irawan lebih memilih Amril Daulay-pemain timnas futsal Indonesia). Waktu pertamakalinya ngeliat Eko mimpin tim dari bench dan teriak-teriak ngasih instruksi, para alumni, termasuk gue, ngomongin dia. Lucu, Eko yang sangat pemalu begitu, tapi bisa teriak-teriak dan marah kalo ada yg bikin blunder. Banyak hal yang gue terlewat selama Eko "mengasah" potensinya sendiri. Dan itu berhasil, Eko menjadi orang yang punya kepribadian kuat. Emang gak salah dulu Encop ngasih dia ban kapten, atau saat pada "mendorong" Eko gantiin gue jadi Presiden FUSEC. *salute*

Sama seperti Mardo, Eko ini hidupnya selalu di-isi dengan futsal. Sangat disayangkan, dengan label "pemain futsal jago" plus jadi Presiden di salah satu Badan Semi Otonom, tapi gak pernah punya cewek. Emang ada beberapa cewek yang sering dicengin ke dia, tapi emang dasarnya gak mau ribet. Ya cuma sebatas itu doang. Sampe akhirnya dapet kabar mengejutkan, ternyata Eko jadian sama Icil. Icil ini adalah juniornya di kampus, anak futsal cewek juga (emang dasar gak mau ribet banget dah bocah). Awal mereka jadian, pesen gue ke Icil: "Cil, tolong ajarin Eko gimana caranya pacaran ya". Lah gimane, orang hidupnya melulu tentang futsal koq. Masuknya Icil membuat kehidupan Eko menjadi lebih seimbang. Ada yang merhatiin hidupnya, ada yang ingetin dia untuk Solat, ada yang ingetin dia untuk kuliah, ada yang ngajak pacaran meski mungkin cuma nonton dan makan bareng. Yang terpenting, Eko punya kehidupan dinamis yang gak membosankan. Cukup lucu ngeliat Eko yang pendiam dan pemalu gitu, tapi Icil suka sengaja manggil dia "Beibi" didepan teman-temannya, mancing biar Eko dicengin, dan seketika mukanya berubah menjadi merah. Atau disaat Eko lagi ngumpul, tiba-tiba ada telepon dari Icil, mereka ngobrol, sampe ujungnya Eko bilang sambil malu-malu.. "Iya aku juga..", "Udah ah ini malu didepan anak-anak", "Iyaaaaaa... Aku juga sayang kamuuu..", dan langsung meledeklah ketawa semua orang disekelilingnya.. "Angski", itu sebutan kesayangan Icil buat Eko..

Jumat pagi, 21 September 2012, dapet SMS dari Icil: "Pagi Bag, apa kabar? Semoga baik-baik aja ya sekeluarga sama Kak Dewa dan Adia. Icil mau ngabarin, Eko udah sebulan terakhir punggungnya sakit, kena penyempitan syaraf tulang belakang. Udah seminggu kakinya gak bisa digerakin, bangun aja susah dari kasur. Mohon doanya buat kesembuhan Eko ya Bag". Gue langsung panik. Karna seinget gue waktu pelajaran biologi, bagian tubuh yang paling rawan itu adalah otak dan tulang belakang, karna itu adalah pusat syaraf. Pernah gak denger anekdot "Kalo jatuh jangan pantat duluan"? Karna pantat itu langsung nyambung ke syaraf tulang belakang, dan bisa merusak sistem syaraf tubuh kalo kena. Saat itu juga, langsung agendain besoknya ke Cilegon untuk liat keadaannya.

Sabtu pagi, 22 September 2012, karna mendadak, gak semua temen yg gue ajak bisa ngejenguk Eko. Jadilah kesana pergi bareng Ade, Dewa-Adia. Dengan coach Yamin langsung ketemuan di Cilegon. Nyampe rumah, disambut dengan Icil dan kedua orangtua Eko. Miris. Eko yang biasa gue liat adalah anak yang enerjik, cuma terbaring di kasur. Kakinya gak bisa digerakin. Pas gue becandain, "Ah ngehe, boong lu, coba gerakin kaki, angkat". Dia cuma bilang "Ini udah gue gerakin Gol". Yang terlihat, cuma jempol kaki kanan yang goyang. Itupun hanya sekedar goyang. Gue pribadi, gak pernah tau ada sakit kayak begini. Kalo denger cerita Eko, diagnosa dokter adalah syaraf tulang belakangnya terjepit. Bisa jadi karna benturan. Dia pun gak tau benturan pas kapan, "Kan gue sering latian Gol, jadi kayaknya sih akumulasi", katanya. Cukup logis, karna kalo levelnya udah tim amatir, pasti latian lebih berat. Ade ngasih alternatif segala macem biar Eko bisa sembuh. Yamin apalagi, sampe ngasih nomer telpon alternatif waktu mertuanya juga kena syaraf kejepit kayak gitu. Gue gak bisa ngasih saran apa-apa, cuma bisa bikin Eko ketawa doang. Ya, cuma itu yang bisa gue lakukan, karna emang gak ngerti apa-apa, dan terlalu takut untuk ngeliat kenyataan ini. Saat itu sakitnya udah taraf semua dikerjain di tempat tidur. Makan, minum, buang air, sampe Solat disitu aja. Wong ubah posisi tidur aja sakit. Dia sempet cerita: "Gila, hampir gue nyusul Mardo, sempet sama sekali gak bisa napas, sesaaakk banget. Untung langsung dibawa cepet ke Rumah Sakit dan dikasih tabung oksigen, kalo enggah mah lewat tuh". Sampe gue-Ade bilang, beli aja udah tabung oksigen, kali aja nanti berulang kayak gitu lagi. Eko bilang "Enggaklah, gak usah, repot nanti malah". Sakitpun dia gak mau ngerepotin orangtua-nya. Bahkan pas dia cerita kalo pipis pake kateter, dia ngomongnya pelan-pelan. Kayak gak mau Icil denger biar gak terlalu khawatir sama sakitnya ini. Sekali lagi, gue bingung mau ngomong apa, ngasih saran apa. Akhirnya gue panggil Adia untuk maen sama Eko, ngelitikin kakinya, makan bareng buah anggur, sampe akhirnya kami pamit, Adia nyium pipi kiri Eko, terus ngelus rambutnya bilang "Ayaaanngg"..

Setelah gue banyak ngetweet hashtag #PrayForEko, banyak temen yang cerita pengalamannya tentang terjepitnya syaraf tulang belakang ini. Kebanyakan sembuh. Ada salah satu sohib, Dion, yg pernah kena juga, dan gue minta PIN BBnya biar bisa sharing ke Eko harus gimana. Dan somehow, si pendiam dan pemalu ini nge-invite BB Dion, untuk ngobrol. Dari situ gue ngeliat, kalo Eko gak nyerah dengan penyakitnya, dan emang pengen sembuh. "Gue maen sama tim alumni entar yak pas lagi sparring sama FUSEC buat persiapan FEUI Cup 2013", katanya. Seperti gue bilang diatas, kebanyakan sembuh. Jadi ada kasus yang penderitanya gak bisa sembuh total. Antara lumpuh seluruh badan, atau, amit-amit, meninggal.

Sejak jenguk, gue terus mendorong anak-anak buat ke Cilegon juga. Sempet SMS ke Mamo: "Mo, buruan jenguk Eko. Kalo gue, temen sakit parah begini, pengen secepatnya jenguk. Antara nanti keburu sembuh atau, amit-amit, keburu gak ada". Tapi selama 2 kali weekend, somehow Eko gak bisa dijenguk. Soalnya lagi penyembuhan dan pindah-pindah, Serpong, Serang dll. Beberapa temen yang udah patungan buat bantu biaya pengobatan pun uangnya masih belom sempet gue kasih, karna emang Eko gak bisa ditemuin. Sabtu, 13 Oktober, dapet kabar dari Icil, kalo hari itu Eko udah ada di Cilegon, jadi udah pada bisa jenguk. Dan banyak teman yang emang udah janjian hari Sabtu mau jenguk Eko. Lega juga, akhirnya bisa nitip uang patungan untuk diserahin.

Jumat 12 Oktober sekitar jam 20.30an, HP gue bunyi, tanda ada panggilan masuk dari nomer gak dikenal. Lagi dipegang Dewa, diangkat. "Yaaa.. Halooo.. Ini siapa?? HAAAHH... ICIIILL.. KENAPAAA??!!", Dewa ngomong begitu. Langsung HP dikasih ke gue.. "Ya Cil??". Dari sebrang sana, gue denger Icil lagi nangis tersunguk, dan ngomong "Bagoooll.. Ekooo.. Udaaahh.. Gaakk.. Adaaa..".

Saat itu, gue cuma bengong, dan mengeluarkan pertanyaan bodoh: "Serius Cil? Innalilahi..". Kenapa gue bilang bodoh? Kalo Icil udah nangis begitu, masa' dia boong??!! (Maaf ya Cil, cuma ekspresi kaget aja). "Iya, tadi Icil ditelpon sama adeknya, ini Icil lagi on the way ke Cilegon". "Oke Cil, elo tenang dulu, gue coba make sure lagi".

Nelpon ke nomernya Eko, diangkat dengan suara persis mirip Eko disebrang sama.. Langsung gue tanya: "Ko, elo gak papa kan??". "Saya bukan Eko Bang, saya Diyo adiknya". Mulai gak beres. "Sorry Diyo, apa berita yang gue denger itu bener??", "Iya, bener". Jujur, gue udah prepare for the worst saat liat kondisi Eko. But somehow, saat kabar ini nyampe di telinga, tetep kaget dan shock. Baru setahun Mardo pergi, sekarang disusul Eko. Eko Anggoro telah kembali ke Rahmatullah. Innalilahi wainnalilahi rojiun..

Teman yang laen juga shock denger berita ini. Mereka sedih, kalo mereka terlambat untuk menjenguk Eko. Sehingga agenda yang awalnya pengen jenguk dan nyemangatin, berubah jadi ngelayat. Mamo sampe bilang: "Kejadian bener Gol SMS dari elo, nyesel gue waktu itu gak ikut". Banyak rombongan dari Bandung langsung berangkat malam itu juga ke Cilegon. Bukti bahwa Eko bukan "orang biasa" di mata mereka.

Nyampe rumah duka, masih sempet ngeliat wajah Eko untuk terakhir kali sebelum ditutup sama kain. Wajah yang masih bisa ketawa dan bercanda, di tempat yg sama 3 minggu sebelumnya. Wajah yang gak pernah sekalipun terlihat marah. Wajah yang selalu memberikan kenyamanan kalo ada dideketnya. Sempet ngobrol sebentar sama Ibunya. Beliau cerita, dalam seminggu terakhir, Eko mengalami perkembangan signifikan. Udah berani duduk dari tempat tidur. Jumat sore pun masih ngobrol-ngobrol biasa, tidak ada tanda apapun. Sampe akhirnya setelah Magrib, Eko mukanya terlihat bersih, Ibunya sampe ngelus dan bilang "Cakapnya anak Ibu ini, cepet sembuh ya Nak". Eko cuma tersenyum, dan beberapa saat kemudian, Eko terjatuh dari posisi duduknya, ditangkep badannya oleh Ibunda. Saat itu juga Ibunya tau, kalo Eko udah gak ada..

Yang anter jenazah dari rumah ke Masjid, banyak. Yang Solatin, banyak. Bahkan yang dateng ke pemakaman juga banyak. Jadi inget ucapan salah seorang temen di twitter: "Saat lahir, semua orang tersenyum bahagia dan kita menangis sendirian. Saat meninggal nanti, semua orang menangis sedih dan gue tersenyum sendirian diatas sana". Ungkapan yang sangat dalam maknanya. Dan gue pikir udah terjadi sama Eko, kami disini sedih kehilangan, tapi pasti disana dia melihat ini semua dan tersenyum. Tersenyum karna dia telah melakukan banyak hal baik di dunia.

Kalo inget Eko, gue bakal inget hal ini:
1. Saingan Pengoleksi Tabloid Bola.
Ke kamar kosannya, Tabloid Bola rapi banget berjejer berdasarkan nomer terbitnya, ditumpukan kardusnya. Dari kuliah sampe kemaren, kalo lagi gak sempet beli Bola, pasti dia orang pertama yg gue tanya tentang jadwal sepakbola di tivi. Sayang banget gak sealiran dalam dukungan, dia pendukung tim butut. Manchester United. Yang gelarnya di Liga Inggris baru 19. Butut banget.
2. Baju-Celana Gombrong.
Waktu jamannya friendster, nama akunnya itu Eko Dogg, memperlihatkan kalo dia mengidolakan Snoop Dogg. Pecinta hiphop, sampe kebawa di penampilan. Celana gombrong (mau panjang atau pendek), baju juga yang longgar. Gak keliatan dan kalo dia anak bola. Pasti kebanyakan orang mikir Eko itu anak basket. Bahkan kalo kaostim celananya pendek, dia turunin sendiri loh, sampe selutut. Untung baju dikeluarin, kalo kagak kancut itu kemana-kemana, Ecchhooooooo...
3. Ucapan "saya".
Formal banget. Tapi emang begitulah dia. Sampe kemaren jenguk pun, masih ngomong pake kata "saya" instead of "gue", "urang", atau "aing". Seenggaknya "aku" kek, biar rada romantis gitu. Gini nih kalo nongkrongnya di kelurahan mulu.
4. Cadok Lala.
Pemain FUSEC di FEUI Cup 2005 dan FEUI Cup 2006 pasti tau siapa Lala. Ucapan yang paling fenomenal dari Eko adalah "xxxx, xxxx, (nama disamarkan) telpon Lala lagi dong, saya yang bayarin deh pulsanya..". *tampar dada Eko pake punggung tangan* *gaya pemain smackdown*
5. "De, koq saya terus sih yang diajak, Bagol juga dong", kata Eko pas FEUI Cup 2005 saat Ade lagi narik-narikin yang Muslim biar pada Solat. Dulu Eko 11-12 sama gue, sering banget kelewat Solat 5 waktu. Tapi somehow, gak tau sejak kapan, dia tiba-tiba rajin banget Solat. Siaul gak ngajak-ngajak kalo mau tobat dah ini anak. "AH ELU DIAJAK JUGA TETEP GAK MAU!!" -->> Kata sebagian besar orang. Selow ah. *ngacir*
6. Pernah Sekali Liat Eko Marah.
Setelah gue inget-inget, pernah deng dia marah nih. Kejadiannya pas FE UI Cup 2006, perempat final lawan FEUI. Emang panas banget itu pertandingannya. Ada satu momen, saat di sudut, Eko ngelindungin bola biar goal kick, eh tapi malah ditabrak sama salah satu pemain lawan yg badannya gede, dan melengos begitu aja itu orang. Abis Eko jatoh, tiba-tiba dia langsung berdiri sangat cepet kayak mau nantangin berantem, pas itu orang balik badan, eh Eko malah nunduk. HAHAHAHAHAHA. Itu caught on tape, lucu banget liatnya. Ngehe lu Ko ah.

Sekarang Eko udah gak ada, masih banyak hal yang pasti gue kangenin dari dia. Bagaimana permainan dia pas lagi maen futsal/sepakbola, bagaimana cara dia kalo lagi ketawa ngakak, bagaimana muka dia merah kalo lagi malu, bagaimana dia gak pernah ngeluh sama situasi yang lagi dialami. He's such a great Guy for me. A role model to how being nice with other people.

Alm Esmardo dan Alm Eko itu hampir sekitar 6 tahun setim futsal bareng. Mulai dari FUSEC, USBU, maupun tim-tim amatir di Bandung. 2 pemain hebat. Patokan? Saat Esmardo meninggal, koran nasional meliput pemberitaannya, bahkan elemen futsal tanah air macam Justin Lhaksana, Andri Irawan, dan hampir seluruh pemain futsal pro mengungkaplan belasungkawa. Saat Eko meninggal, bahkan seluruh dunia mengetahuinya, pemberitaan Homeless WorldCup di Mexico yang saat Indonesia melawan Rep Ceko pada mengenakan pita hitam. Bonsu, sang kapten pun mempersembahkan gol saltonya untuk menghormati Eko.

Kebayang gak penyambutan apa yang dilakukan Esmardo ke Eko di hari pertama mereka ketemu di alam sana? Feeling gue sih, Mardo bakal nyapian sepatu futsal terbagus yang pernah ada, ngasih kaos tim bernomer punggung 2 (yang tentu saja gombrong), terus ngomong: "Yuk Ko, maen futsal lagi, kangen gue satu tim sama elo..".

"Dear Esmardo and Eko, promise me, we will play Futsal again someday, right??! Sleep tight boys and wait for me will ya?!!" - Ismiranda Lubis

Rest In Peace Eko Anggoro..

2 komentar: